Pages

Pages

Saturday, May 18, 2019

Berkah Ramadhan Berkah Ilmu

Bulan suci ramadhan tidak menjadi alasan kita seorang guru untuk tidak terus belajar meningkatkan pembelajaran. Umumnya  sekolah tetap menjalankan kegiatan pembelajaran selama bulan suci ramadhan.

Tim Pengembangan Profesi Guru  (TP2G) PGRI Lumajang mengadakan kegiatan pelatihan Pembelajaran IT6 pada hari Sabtu 18 Mei 2019 pada puku 08.00 yang bertempatan di  salah satu sekolah kejuruan unggulan kota Lumajang yaitu SMK PGRI Lumajang yang berlokasi dijalan Ir.H.Juanda. Acara tersebut dibuka oleh bapak Winadi selaku Ketua PGRI Kabupaten Lumajang,beliau mengharapkan agar kegiatan mengajar bisa lebih inovatif lagi terutama pada sistem IT dan guru tidak menggunakan pembelajaran lama (jadul) karena sudah tidak bisa diterapkan lagi pada anak didik kita pada zaman modern seperti sekarang ini.


Ketua TP2P Ibu Mamik Setiawati juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan IT ini sudah berjalan sejak tahun 2015 dan tahun ini sudah memasuki kegiatan gelombang ke-6. Beliau juga memaparkan antusias peserta yang cukup banyak, dari banyaknya pendaftar tetapi hanya diambil 40 peserta yang terpilih, karena standart peserta antara 20-40 orang. 


Pelatiahan IT ini ada tiga tahapan yaitu IN-ON-IN. IN pada hari pertama peseta yang berjumlah 40 orang dibekali motivasi Pembelajaran berbasis web yang disampaikan oleh Bapak Umar Tholib dan dilanjut membangun web pembelajaran serta diajarkan cara membuat blog. Peserta memang dituntut untuk bisa membuat blog, para pemateri dan panitia menuntun satu persatu peserta hingga tidak ada kesulitan. Namun ada sedikit kendala yaitu beberapa komputer peserta ada yang tidak bisa dioperasikan sehingga peserta tidak bisa secara langsung membuat blog tetapi mereka tetap bisa mengikuti  acara tersebut dengan melihat peserta yang ada disebelahnya.

Pada materi selanjutnya yaitu membangun web pembelajaran yang disampaikan oleh Bapak Enjang Bayu, disini peserta diajarkan cara mengganti blogspot ke .com dengan cara berbayar. Pada penghujung acara seluruh peserta diberi pretes yang dikerjakan secara online di handphone android masing-masing peserta. Sangat berterima kasih dan bersyukur bisa terpilih mengikuti pelatihan pembelajaran IT.

No comments:

Post a Comment

Pesan dan Kesan Mengikuti PIT6 TP2G

        Pelatihan IT yang ke-6 TP2G bagi saya baru pertama kali mendengar dan mengikutinya. Awalnya hanya dikasih tau seorang teman dan ...