Pages

Pages

Monday, May 20, 2019

Makanan Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa & Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Makanan Yang Cocok Untuk  Berbuka Puasa & Sahur Bagi Kesehatan Tubuh


       
    Tidak terasa kita sudah memasuki hari ke-16 berpuasa dibulan ramadhan. Dibulan suci ramadhan seluruh umat manusia islam diwajibkan berpuasa penuh. Dari berpuasa tubuh kita di istirahatkan dari memproses makanan ataupun minuman selama 30hari penuh.


Tapi, tahukan kalian? Makanan apa saja yang baik dikonsumsi dibulan suci ramadhan untuk berbuka puasa dan sahur. Bukan hanya berbuka puasa untuk membatalkan saja tetapi berbuka untuk kesehatan dengan makanan buka sahur yang  sehat juga.

Yuk intip makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa dan sahur.

Berbuka puasa:

  1. Kurma
Rosul mengajarkan bahwa berbuka dengan biji kurma.  Selain itu kasiat dari buah ini dikonsumsi saat berbuka puasa yaitu untuk  menghindari makan berlebihan saat berbuka atau sahur serta mencegah kanker lambung.

yuk intip cara lain mengkonsumsi kurma klik disini

  1. Madu asli
Tentunya kita saat berbuka tidak luput dari makanan/minuman yang manis-manis.  Terlalu berlebihan mengkonsumsi yang manis juga menyebabkan kadar gula naik atau menimbulkan penyakit diabetes. Untuk itu mengkonsumsi madu saat bulan puasa  berperan  untuk mengatur gula darah kita.

  1. Air putih
Berpuasa pastinya tubuh kita akan mengalami dehidrasi.  Dehidrasi adalah kondisi tubuh saat kebanyakan kehilangan cairan. Mengkonsumsi air putih saat berpuasa yaitu menggantikan cairan dalam tubuh, untuk itu perbanyak minum air putih sesudah berbuka atau sahur.

  1. Buah-buahan
Buah-buahan mengandung banyak serat serta kandungan vitaminnya. Mengkonsumsi buah-buahan saat berpuasa banyak manfaatnya salah satunya yaitu agar bibir kita terhindar dari bibir pecah-pecah saat bulan puasa.

Apa saja keistimewaan Es Degan Tawon? klik disini

  1. Sayur-sayuran
Mengkonsumsi sayur-sayuran saat berbuka sahur yaitu karna pada sayur tersimpan banyak nutrisi bagi tubuh kita dan banyak mengandung vitamin. Untuk itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran saat berbuka dan sahur .

  1. Ikan dan Daging
Protein yang terkandung dalam ikan dan daging baik untuk tubuh dan otak kita.

Sahur:
  1. Kacang Hijau
Kacang Hijau baik dikonsumsi untuk sahur karena dapat mencegah dan mengobati sembelit. Pastinya saat kita berpuasa banyak makanan yang kita konsumsi  atau terlalu banyak mengkonsumsi makanan minuman yang kurang serat sehingga mengakibatkan sembelit. Untuk itu konsumsilah kacang ijo saat sahur.

  1. Roti Gandum
Karbohidrat yang terkandung pada roti gandum sangat baik dikonsumsi saat sahur karena sifatnya yang mengeyangkan sehingga tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat sahur.

  1. Sereal
Sereal banyak mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama, untuk itu dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Contoh sereal yang sering kita jumpai ditoko-toko yaitu koko krunch, belvita dan energen.

  1. Potato/Kentang
Kentang adalah jenis sayuran umbi-umbian yang hidup beriklim dingin. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang bukan hanya mengenyangkan tetapi dapat memperlancar pencernaan kita saat berpuasa.



 Semoga bermanfaat............










1 comment:

Pesan dan Kesan Mengikuti PIT6 TP2G

        Pelatihan IT yang ke-6 TP2G bagi saya baru pertama kali mendengar dan mengikutinya. Awalnya hanya dikasih tau seorang teman dan ...