Pages

Pages

Sunday, May 19, 2019

Berkarya Tanpa Batas



SDN Pandanwangi 03 yang terletak di Desa Pandanwangi kecamatan Tempeh merupakan sekolah dasar negeri pinggiran,letak sebelah timur berbatasan dengan desa Jatimulyo dan selatan dengan jalur lintas selatan (JLS).  Sekolah memiliki beberapa siswa yang daya berfikirnya sedikit lambat dari siswa yang lain,namun seorang  guru tidak pernah berhenti mencoba semua metode pembelajaran untuk diterapkan pada siswanya.

Bukan hanya pembelajaran tetapi siswa juga diajak untuk membuat sebuah karya seni yang dihasilkan oleh mereka sendiri, entah individu ataupun kelompok. Karya seni tersebut juga penting bagi siswa karna mereka belajar membuat suatu prodak yang bisa bernilai tinggi, entah itu terbuat dari barang bekas atau barang baru.

Media belajar dari barang bekas atau barang tidak bernilai (sampah) sering dijadikan karya seni, bahannya yang mudah didapat selain itu juga mengurangi banyaknya volume sampah yang ada di negeri kita.

siswa kelas IV membuat karya seni

Siswa-siswi kelas IV SDN Pandanwangi 03 menyulap sampah plastik gelas aqua mineral menjadi tudung saji, sebuah barang yang awalnya tidak bernilai menjadi barang yang berguna dan pastinya bernilai jual. Mereka bebas mengekspresikan karyanya.


siswa kelas IV membuat karya seni

Banyak anggapan biasanya siswa yang berfikirnya sedikit lambat menghasilkan suatu karya seni yang indah dari pada siswa yang lebih mampu, namun anggapan ini tidak semua benar. Mungkin inilah  kelebihan dalam bidang non akademik yang dimiliki beberapa siswa yang sedikit lambat berfikirnya. Kita sebagai guru pastinya mendorong siswa untuk terus belajar dan berkarya.








Terima kasih sudah membaca...



No comments:

Post a Comment

Pesan dan Kesan Mengikuti PIT6 TP2G

        Pelatihan IT yang ke-6 TP2G bagi saya baru pertama kali mendengar dan mengikutinya. Awalnya hanya dikasih tau seorang teman dan ...